Solidaritas Petani Dusun Karangrejo: Pembasmian Hama Wereng Secara Berkelanjutan

  • Jul 07, 2024
  • Siswanto

Di Dusun Karangrejo, sekelompok petani yang bergabung dalam kelompok Mukti Tani 2 telah mengambil langkah siginifikan dalam menangani masalah hama wereng yang menyerang tanaman padi mereka. Dalam upaya tersebut, mereka bekerja sama dengan Badan Pertahanan Pangan (BPP) Kecamatan Tajinan. Sebanyak sekitar 50 orang terlibat dalam kegiatan ini, menunjukkan komitmen dan solidaritas yang tinggi untuk mengatasi masalah yang mengancam hasil panen mereka. Dalam sesi ini, pembasmian hama dilakukan pada tanaman padi seluas sekitar 5 hektar.

 

Pedekatan yang mereka gunakan adalah kosep kerja bakti, sebuah metode tradisional yang melibatkan pertisipasi kolektif masyarakat dalam menyelesaikan masalah bersama. Konsep ini tidak hanya efektif dalam menyelesaikan tugas-tugas fisik, tetapi juga dapat memperkuat ikatan sosial dan rasa kebersama di antara para anggotanya. Kegiatan pengendalian hama ini, dijadwalkan akan berjalan kembali pada hari Jumat, 12 Juli 2024 dengan melibatkan Kelompok Tani Karang Jambe Mukti Tani 1 bersama BPP Kecamatan.

 

Dengan adanya pendekatan yang digunakan bukanlah pemusnahan total hama, melainkan pengendalian. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi dampak negatif yang mungkin timbul ari pengugunaan pestisida secara berlebihan. Pengendalian hama yang bijaksan ini juga mencerminkan kesadaran para petani akan pentingnya pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan.