Lomba Balita Sehat dan Cerdas di Desa Jambearjo : Langkah dalam Mencapai Generasi Emas 2025

  • Jul 10, 2024
  • Siswanto

Jambearjo, 10 Juli 2024 - Dalam upaya mencapai generasi emas 2025, Pemerintah Desa Jambearjo bersama kader Posyandu dan PKK Desa menggelar Lomba Balita Sehat dan Cerdas. Kegiatan ini juga melibatkan kelompok 31 KKN Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang dipercaya untuk berperan sebagai juri penilai bersama dengan Ibu Kepala Desa, Bidan Desa, dan Kader PKK.

Lomba yang diadakan pada tanggal 10 Juli 2024 ini bertujuan untuk menilai dan meningkatkan kualitas kesehatan serta kecerdasan balita di Desa Jambearjo. Penilaian dilakukan berdasarkan berbagai kriteria, termasuk pendidikan orangtua, pekerjaan, umur, durasi penggunaan KB orangtua setelah melahirkan, dan juga aspek psikologis anak serta kesehatan seperti tinggi dan berat badan anak.

Lomba ini dibagi menjadi dua kategori usia, yaitu 0-24 bulan dan 25-59 bulan yang diikuti oleh total 10 balita. Masing-masing kategori diikuti oleh lima balita dan para peserta menunjukkan perkembangan mereka di berbagai aspek kesehatan dan kecerdasan yang telah ditentukan. Penilaian dilakukan dengan cermat untuk memastikan setiap aspek yang dinilai dapat memberikan gambaran yang akurat tentang kondisi kesehatan dan kecerdasan balita.

Pemenang dari lomba ini akan diikutsertakan pada lomba balita tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2024. Diharapkan, para pemenang dapat membawa nama baik Desa Jambearjo dan menjadi contoh bagi balita lainnya dalam menjaga kesehatan dan kecerdasan.

Lomba Balita Sehat dan Cerdas ini tidak hanya memberikan penghargaan kepada para pemenang, tetapi juga memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya perhatian terhadap tumbuh kembang anak. Dengan demikian, Desa Jambearjo berharap dapat mencetak generasi yang sehat, cerdas, dan siap menyongsong masa depan yang gemilang.